Jumat, 24 Juni 2016

RECIPE: Cilok Kuah Pedas Sedaaaaaap dan Mudah

Hai Hai Assalamualaikum...

     Gak kerasa seminggu lagi libur yaaaah, yang mau pulkam yang mau pulkam heheheh termasuk aku...

     Anyway kali ini aku mau share satu jenis makanan, tepatnya jajanan yang pernah aku buat sebelum bulan puasa ini. Cilok. Yah cilok, aku buat cilok kuah pake cabe rawit, jadinya pedes.

cilok kuah pedas


     Yuk dicek aja langsung...

bahan-bahan cilok kuah

Bahan-bahan untuk cilok adalah:
1. Tepung tapioka atau tepung kanji 250 gram
2. Tepung terigu 250 gram
3. Daun kucai/daun bawang beberapa batang sesuai selera
4. 1 siung bawang putih dihaluskan
5. Lada bubuk sedikit
6. Garam secukupnya
7. Penyedap rasa kalau mau
8. Air 100-200 ml (air hangat)

Bahan untuk Kuah:
1. 750 ml air
2. 2 siung bawang putih dihaluskan
3. 5-6 buah cabe rawit/sesuai selera, dihaluskan
4. Garam secukupnya
5. Gula secukupnya
6. Kaldu bubuk kalau mau
7. Minyak goreng sedikit untuk menumis

     Bisa juga diberi isian, aku kasih isi keju cheddar, heheh bisa isi daging ayam atau apalah apalah heheh.

Cara Buat:

cara membuat cilok
     Haluskan bawang putih dan potong kucai untuk bahan cilok

cara membuat cilok
     Campur tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih halus, kucai, garam dan lada. Buat lubang di tengahnya, lalu tuang air sedikit demi sedikit. Kalau aku, 100 ml dulu, kalau masih blm nyatu semua, tambahkan lagi sedikit. Pokoknya sampai adonan kalis seperti gambar di atas yang paling kanan.

cara membuat cilok
     Bentuk bola-bola dan aku isi dengan keju yang ak potong dadu. Selesaikan hingga adonan habis.

cara membuat cilok
     Tumis bawang putih dan cabai rawit yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan air. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak sampe air mendidih. Kemudian masukkan cilok ke kuah. Masak kembali hingga matang dan cilok mulai mengapung.

Dan Tadaaaaaa.....
Jadilah cilok seperti foto yang paling atas...
Mudah dan gampang kok bahan-bahannya...
Pas buat takjil...

Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar